Cek Cara Pembayaran E-Tilang Pelanggar Lalu Lintas

Cek Cara Pembayaran E-Tilang Pelanggar Lalu Lintas - Mungkin ada yang bingung bangaiman Sistem Elektronik Tilang dan Cara Bayar E-Tilang bagi para pelanggar lalu lintas. E-Tilang bermanfaat untuk menghindari Pungli yang meresahkan masyarakat selama ini.
Cek Cara Pembayaran E-Tilang Pelanggar Lalu Lintas
Dalam pemberlakuan sistem tilang elektronik atau E-Tilang, Korlantas Polri terlebih dahulu meminta seluruh masyarakat untuk mengunduh aplikasi E-Tilang di ponsel berbasis sistem operasi Android. "Jika ada pelanggaran dan masyarakat sudah menerima. Misal enggak pake helm kan kasat mata. Setelah tilang, masyarakat diharapkan bisa download di appstore aplikasi E Tilang," kata kata Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi di Gedung Korlantas Polri, Jalan MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2016).

Setelah aplikasi tersebut berhasil diinstal, nantinya petugas yang melakukan penindakan dan akan memberikan nomer ID tilang kepada pengendara yang terkena tilang. "Setelah download dan mengakui melanggar karena ada pasalnya, maka cukup diketik nomor tilangnya saja dan muncul dendanya," ungkapnya

Cara Pembayaran E-Tilang Pelanggar Lalu Lintas


Wakil Kepala Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Indrajit mengungkapkan, 
  1. Pelanggar cukup membayar besaran denda tilang melalui anjungan tunai mandiri (ATM) di sejumlah bank yang ditunjuk, atau bisa juga melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) yang disiapkan oleh petugas maupun SMS Banking. "Jadi pelanggar atau yang kena tilang ini enggak perlu lagi memakai sistem lama datang ke pengadilan untuk disidang,"
  2. Setelah melakukan pembayaran melalui ATM, mesin EDC atau SMS Banking, lalu pelanggar harus menyerahkan bukti pembayaran kepada petugas untuk menebus objek yang ditilang seperti contohnya surat izin mengemudi (SIM) atau surat tanda nomor kendaraan (STNK)."Praktis hal ini memudahkan masyarakat sekaligus cara kita (Polri) untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," 
Memang saat ini belum semua kota menerapkannya dan akan dimulai di kota Jakarta. Nah, begitulah Cara Pembayaran E-Tilang Pelanggar Lalu Lintas, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cek Cara Pembayaran E-Tilang Pelanggar Lalu Lintas"

Posting Komentar